Proses Awal Pengolahan Sabut Kelapa

Perlu Diketahui

Perlu diketahui kulit buah kelapa (tepes) yang awalnya limbah mampu diolah menjadi serat sabut kelapa keriting berkaret (Sebutret) atau dikenal dengan rubberized coir (RC).

Kulit buah kelapa alias sabut ternyata bernilai ekonomi tinggi. Itu setelah bahan baku itu diolah menjadi serat (cocofiber). Serat itulah yang dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras. Pasar ekspor dan domestik menyerap produk itu dalam jumlah besar. Perlu diketahui langkah awal pengolahan sabut kelapa adalah sebagai berikut :

a. Persiapan bahan
Perlu diketahui pada tahap persiapan, sabut kelapa yang utuh dipotong membujur menjadi sekitar lima bagian, kemudian bagian ujungnya yang keras dipotong. Sabut tersebut kemudian direndam selama 3 hari sehingga bagian gabusnya membusuk dan mudah terpisah dari seratnya, kemudian disajikan.

b. Pelunakan sabut
Pelunakan sabut secara tradisional dilakukan secara manual, yaitu dengan cara memukul sabut dengan palu sehingga sabut kelapa menjadi lebih terurai. Pada tahap ini sudah dihasilkan hasil samping berupa butiran gabus. Secara modern, pelunakan sabut dilakukan dengan menggunakan mesin pemukul (hammer mill).

c. Pemisahan serat
Sabut kelapa dimasukkan ke dalam mesin pemisah serat (defibring machine) untuk memisahkan bagian serat dengan gabus. Komponen utama mesin pemisah serat adalah silinder yang permukaannya dipenuhi dengan gigi-gigi dari besi yang berputar untuk memukul dan menggaruk sabut sehingga bagian serat terpisah. Pada tahap ini dihasilkan butiran-butiran gabus sebagai hasil samping.

Tertarik anda mengolah sabut kelapa untuk keperluan rumah anda? Kami dari SKARLUXINDO memproduksi berbagai produk untuk keperluan rumah tangga anda, yang berbahan sabut kelapa berkaret. Untuk informasi produk dan cara pemesanannya silahkan hubungi customer service kami.

CS. SKARLUXINDO = WA.085292846655 (Akhmad Rizali)

Sabut kelapa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*